PUPR dan KOICA Susun Sistem Transportasi Cerdas Ibukota



SEBARIN.INFO, Jakarta, - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Korea International Cooperation Agency (KOICA) menandatangani Record of Discussions (RoD) tentang Penyusunan Rencana Induk Sistem Transportasi Cerdas dan Sistem Percontohan untuk DKI Jakarta.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menjelaskan, Kerjasama ini bertujuan meningkatkan efisiensi pengggunaan jalan, akses dan keselamatan lalu lintas dengan menyediakan informasi lalu lintas secara langsung kepada pengguna jalan. Proyek ini akan berlangsung selama lima tahun yang terdiri tiga tahun implementasi dan dua tahun masa pemeliharaan dengan anggaran USD5,5 juta.

Lingkup kerjasama yakni pengembangan Rencana Induk Sistem Transportasi Cerdas, implementasi sistem percontohan yang dilakukan di koridor Jakarta-Cikampek, penyediaan rujukan pedoman hukum dan peraturan Sistem Transportasi Cerdas dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

"Ini merupakan awal yang baik untuk mengatasi permasalahan sistem transportasi di Jabodetabek. Dengan adanya sistem transportasi cerdas, bisa mengatur secara lebih efektif sektor transportasi," ujar Sugiyartanto melalui siaran pers, Kamis (4/7).

Diketahui, transportasi Jakarta saat ini menghadapi masalah lalu lintas yang rumit di mana sistem 'pintar' jelas dibutuhkan untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada warga tentang situasi jalan. Melalui proyek ini, diharapkan Jakarta metropolitan dapat menjadi kota pintar yang dapat memberikan sistem transportasi yang nyaman bagi semua warga.(InfoPublik.id)