Rabu Presiden Berikan Kuliah Umum Pada Ribuan CPNS



SEBARIN.INFO, Jakarta, - Sebanyak 6.198 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan menerima kuliah umum dari Presiden Joko Widodo, sehingga mampu bersinergi dengan program-program pemerintah dalam lima tahun kedepan.

Presiden direncanakan akan memberikan kuliah umum tersebut pada Acara Presidential Lecture yang digelar pada Rabu (24/7) di Istora Senayan, Jakarta. Tema dari acara ini adalah Sinergi untuk Melayani.

Para CPNS dapat menerima arahan strategis dari presiden dalam Presidential Lecture yang kedua ini,” ujar Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja, di Jakarta, Selasa (23/7).

Melalui acara ini diharapkan CPNS dapat memahami visi pembangunan nasional pemerintah. Selain itu, CPNS dapat termotivasi untuk berkarakter dan berkepribadian unggul sebagai SMART ASN. CPNS juga diharapkan dapat berkinerja tinggi setelah bergabung di pemerintahan.

Setiawan juga menyampaikan bahwa Presidential Lecture merupakan bagian dari kegiatan pelatihan dasar yang tengah dijalani oleh CPNS. Oleh karenanya, CPNS yang tengah mengikuti kegiatan latsar diwajibkan untuk mengikuti acara ini melalui televisi.

“Kami telah berkoordinasi dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Kepala LAN sudah memberikan surat kepada Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan di seluruh Indonesia agar CPNS yang sedang latsar diwajibkan mengikuti acara ini melalui TVRI,” katanya.

Lebih lanjut, ia mendorong pemerintah daerah dapat menyelenggarakan acara serupa Presidential Lecture dimana pembekalan materi disampaikan para kepala daerah. Menurutnya, hal tersebut membuat CPNS memahami apa yang menjadi harapan kepala daerah serta visi misi daerah masing-masing.

Selain memperoleh kuliah umum dari presiden dan inspiring speaker, para CPNS akan disuguhkan pertunjukkan demo lighting dan multimedia, serta penampilan Identik Percussion berkolaborasi dengan presiden, para menteri, para tamu undangan, dan seluruh CPNS yang hadir.

Acara yang mengambil tema "Sinergi untuk Melayani" ini menghadirkan 3 tokoh inspiring speaker, yakni Former Minister of Personnel Management Republic of Korea Pan Suk Kim, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S. Brodjonegoro, dan Komisaris Utama NET TV Wishnutama. (InfoPublik.id)