RS Yarsi Baru Diresmikan, Menkes: Gunakan Alkes Dalam Negeri



SEBARIN.INFO, Jakarta, - Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meresmikan Rumah Sakit (RS) Yarsi, Jakarta, Rabu (10/7). Peresmian dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan prasasti.

Menteri Nila mengatakan sebagai RS baru, ia meminta kepada pengelola RS Yarsi agar menggunakan alat kesehatan produk dalam negeri. “Sudah banyak item alat kesehatan yang diproduksi di dalam negeri. Kualitas alat kesehatan dalam negeri sangat baik, itu bisa membantu untuk memenuhi alat kesehatan di RS ini,” katanya.

Rumah sakit tersebut memiliki fasilitas 450 tempat tidur dan fasilitas lainnya. Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Yarsi memiliki triage warna untuk mengevakuasi pasien, memiliki dua kamar operasi (satukamar operasi mayor dan satu kamar operasi minor), mobile x-ray, rawat observasi, rawat isolasi.

Ketua Pengurus Yayasan Yarsi Prof. Jurnalis Uddin, PAK, mengatakan ada 15 poli untuk BPJS Kesehatan, namun belum bisa bergabung dengan BPJS Kesehatan karena RS belum akreditasi. Selain itu, RS Yarsi memiliki pelayanan untuk Lansia.

Ia mengatakan Lansia di Indonesia sudah delapan persen atau 8,5 persen dan 2030 diperkirakan penduduk Indonesia hampir 300 juta orang. “Kalau sudah 10 persen berarti 30 juta, hanya Lansia dan ini kita siapkan RS untuk merespons perkembangan itu,” kata Prof. Jurnalis. (InfoPublik.id)