Advertisement here

Sebutkan prinsip-prinsip dasar geografi!

1. Prinsip Persebaran

Prinsip persebaran berkaitan dengan di prinsip persebaran berkaitan dengan distribusi gejala geosfer dimuka bumi gejala geosfer meliputi gejala alam dan gejala manusia misalnya adalah gunung berapi di Indonesia banyak terdapat di pulau Jawa dan pulau Sumatera.


2. Prinsip Interelasi

Interelasi artinya sebuah hubungan keterkaitan antara fenomena satu dengan fenomena lainnya. Ruangan tersebut dapat berupa hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi. Misalnya Penduduk daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Pantai identik dengan wilayah perairan yang kaya akan hasil lautnya.


3. Prinsip Deskripsi
Deskripsi artinya memberi penjelasan fenomena geosfer dengan rangkaian kata-kata kalimat dan gambaran sehingga menghasilkan uraian yang runtut. Setiap kajian tentang berbagai gejala geosfer perlu dijelaskan secara terperinci berdasarkan data dan pengamatan di lapangan. Pendeskripsian gejala geosfer dapat dilakukan melalui tulisan, diagram, grafik, table, gambar, dan peta.


4. Prinsip Korologi
Digunakan untuk menganalisis geosfer dengan mendeskripsikannya serta dikaji persebaran dan interelasinya. Contohnya fenomena letusan gunung berapi gunung berapi. Gunung di Indonesia yang masih aktif banyak tersebar di pulau Jawa dan Sumatera. Keberadaannya mengikuti jalur tumbukan lempeng. Letusan gunung berapi dapat merugikan karena dapat memakan korban jiwa, akan tetapi gunung berapi juga dapat menyuburkan tanah karena kandungan unsur haranya dalam abu vulkanik.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here