Sosok Menteri Diharapkan Miliki Kompetensi yang Komprehensif



SEBARIN.INFO, - Jakarta, - Sosok para menteri yang diangkat oleh Joko Widodo - Ma'aruf Amin dalam Kabinet Indonesia Kerja (KIK) diharapkan miliki kompetensi yang komprehensif dalam menghadapi tantangan ekonomi.

"Presiden harus memastikan orang yang mempunyai kompetensi yang komprehensif hal yang dimaksud yakni mampu berkoordinasi," ujar Ekonom Indef Enny Sri Hartati di Jakarta, Sabtu (6/7).

Tidak masalah, kata dia, para menteri yang berasal dari partai politik atau kaum profesional. Hal terpenting memiliki kemampuan untuk berkoordinasi dalam setiap perumusan kebijakan yang berkaitan dengan perekonomian.

"Orang-orang yang disodorkan dapat memenuhi koordinasi antar lembaga," imbuhnya.

Kemampuan berkoordinasi menteri merupakan faktor penting dalam kerjasama tim menghadapi persoalan ekonomi. Adanya, kerjasama yang sinergi dapat membantu melewati berbagai ancaman ekonomi yang datang dari liar atau dalam.

Dia meyakini, pilihan yang ditentukan oleh presiden dan wakil presiden merupakan orang yang memiliki kompetensi. Sehingga layak menjadi pembuat kebijakan, agar mampu menghadapi persoalan perekonomian.

"Contohnya, presiden memilih para menteri KIK jilid satu yang semuanya memiliki latar belakang pengalaman dan pendidikan yang ahli dibidangnya," imbuhnya.(InfoPublik.id)