Suksesnya Digitalisasi Pelayanan Publik



SEBARIN.INFO, Batam, - Indikator suatu daerah telah sukses dalam menerapkan digitalisasi pelayanan publik adalah semakin sedikitnya pengunjung pada fasilitas umum yang ingin mendapatkan pelayanan publik.

"Semakin sedikit orang yang datang di Mal Pelayanan Publik (MPP) tandanya pelayanan sudah bisa di akses secara digital," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kota Batam Firmansyah kepada InfoPublik, Rabu (17/7).

Oleh karena itu, sedikitnya pengunjung pada fasilitas umum pelayanan publik masyarakat harus disikapi dengan positif. Bukan berarti masyarakat tidak minat, tapi justru masyarakat lebih memilih menggunakan teknologi berbasis internet dalam mengurus pelayanan publik.

"Bukan berarti suatu fasilitas publik gagal, jika masyarakat yang berkunjung sedikit, justru masyarakat lebih tertarik melalui layanan online," katanya.

Senada dengan prinsip diatas, Pemerintah Kota Batam sedang menggodok kebijakan terkait dengan elektronik tanda tangan (e-signing) yang akan membuat pelayanan publik semakin mudah. Melalui kebijakan ini, setiap warga yang ingin mendapatkan pelayanan publik hanya perlu mengaksesnya melalui dunia maya.

Adanya kebijakan ini membuat warga Kota Batam semakin jarang menyentuh sentra pelayanan publik. Karena mereka hanya akan mengunjunginya pada saat mengajukan dan mengambil hasil layanan publik.

"Sekarang orang-orang lebih pilih layanan publik via internet karena lebih mudah," katanya. (InfoPublik.id)