Wajib Lakukan Inovasi Pelayanan



SEBARIN.INFO, Batam,- Inovasi dalam pelayanan publik harus senantiasa dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), agar masyarakat dapat memperoleh dampak positif dalam berbagai bidang.

"Semakin sempurna pelayanan publik akan membuat masyarakat sejahtera," ujar Walikota Batam Muhammad Rudi kepada InfoPublik, Selasa (16/7).

Para ASN jangan terlalu berpuas diri terhadap pelayanan publik yang telah dilakukan saat ini. Karena, diperlukan inovasi dalam melayani kebutuhan masyarakat yang semakin heterogen akibat perkembangan zaman.

"Inovasi diperlukan karena kita punya tugas berat melayani kebutuhan masyarakat Kota Batam," kata dia.

Sebagai pelayan publik, harus mampu menciptakan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga setiap persoalan yang berkaitan pelayanan publik dapat ditangani sesuai aturan dengan waktu yang relatif singkat.

Rudi berharap, suatu hari nanti pelayan publik itu harus mampu mengetahui kondisi nyata masyarakat. Tanpa harus masyarakat mengadukan atau mengeluhkan ke kantor pelayanan publik.

Para ASN dapat mendatangi masyarakat bukan malah sebaliknya yang seperti masih dilakukan saat ini. Dari mulai tingkat kelurahan sampai tingkat Kepala Dinas harusnya aktif turun langsung ke masyarakat setiap waktu.

"Kedepannya, ASN yang datang ke masyarakat, aktif mengetahui setiap kebutuhan masyarakatnya," pungkasnya. (InfoPublik .id)