Layani Cash Management Angkasa Pura Kargo



SEBARIN.INFO, Jakarta,- BNI Syariah siap mendukung sistem pembayaran bagasi dan kargo melalui aplikasi yang dikembangkan oleh PT Tips Inovasi Indonesia, yaitu aplikasi TIPS 2.0 Haji dan Umroh. Aplikasi ini bertujuan untuk pengelolaan bagasi dan kargo untuk jemaah haji dan umroh.

Aplikasi TIPS 2.0 Haji dan Umroh memudahkan jemaah untuk menjemput koper dan kargo dari Madinah, Mekkah, dan Jeddah cukup dengan mengunduh aplikasi ini kemudian memesan pengiriman koper dan kargo lainnya lewat aplikasi. Selanjutnya, Mutawwif atau pemandu Haji akan menjemput paket barang kiriman di hotel tempat tinggal jemaah.

Pada kesempatan ini telah ditandatangani Nota Kesepahaman oleh Direktur Bisnis SME & Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati; Direktur Operasional dan Komersil PT Angkasa Pura Kargo, Riyanto H. Cahyono; Co-Founder PT Tips Inovasi Indonesia, Ryan A. Ronas; serta mitra Travel Haji & Umrah; dan Perusahaan Kargo. Penandatanganan ini turut disaksikan oleh Staff Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknik Lingkungan Energi Perhubungan, Prasetyo Buditjahjono dan Kepala Subdirektorat Impor Direktorat Jendral Bea & Cukai, Djanurindo Wibowo.

BNI Syariah siap mendukung sistem pembayaran bagasi dan kargo melalui integrasi virtual account dilengkapi dengan kartu NFC based yang dapat digunakan untuk media pembayaran close loop. Sistem inilah yang akan menyempurnakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Tips Inovasi Indonesia.

Dukungan BNI Syariah terhadap sistem pembayaran dan cash management PT Tips Inovasi Indonesia ini disampaikan dalam Dialog Interaktif dan Peluncuran Tips Haji & Umroh "Solusi Bagasi dan Kargo untuk Jamaah Haji dan Umroh".

Acara berlangsung di Ballroom Grand On Thamrin Hotel Pullman Jakarta Pusat, Kamis (25/7). Pembicara dalam dialog ini diantaranya Pemimpin Divisi Bisnis Transaksional BNI Syariah, Agusta Rinaldi; Kepala Subdirektorat Impor Direktorat Jendral Bea & Cukai, Djanurindo Wibowo; General Manager Logistic & Distribution Angkasa Pura Kargo, Ade Yolando Sudirman; CEO & Co-Founder PT Tips Inovasi Indonesia, Ryan A. Ronas; dan Ketua Pengurus Koperasi Spirit Muslim Indonesia, Agus Sumarno.

Dhias Widhiyati menuturkan, "Kerjasama BNI Syariah dengan PT Angkasa Pura Kargo, PT Tips Inovasi Indonesia, dan mitra ini memiliki potensi yang besar. Hal ini berdasarkan data perkiraan jumlah jemaah haji dan umroh 2019 lebih dari 1,4 juta orang. Potensi dana di giro pooling atas transaksi pengelolaan bagasi dan kargo untuk jemaah haji dan umroh diperkirakan sebesar Rp 468,2 miliar dengan potensi pendapatan fee based income dari virtual account adalah sekitar Rp 1,05 miliar. Kedepannya, BNI Syariah akan memperluas jaringan kerjasama dan sosialisasi dengan travel rekanan."

Ryan A. Ronas mengatakan, "Target pengguna aplikasi TIPS 2.0 Haji dan Umroh pada akhir 2019 ini sebesar 10.000 orang. Aplikasi ini akan membantu kendala urusan bagasi misal kelebihan muatan dan terkait larangan membawa benda cair jemaah di musim haji dan umroh."

Tentang PT TIPS Inovasi Indonesia
PT TIPS Inovasi Indonesia adalah sebuah perusahaan start-up digital yang didirikan pada tanggal 18 Oktober 2016, yang bertujuan memanfaatkan teknologi digital untuk menghadirkan terobosan inovatif dalam bidang logistik.

Konsep dasar TIPS secara sederhana adalah "Titipin Penumpang Saja". Kami menciptakan platform digital yang memanfaatkan jatah bagasi penumpang pesawat yang tidak terpakai untuk mengirimkan barang antar kota di Indonesia, dengan jaminan proses aman, nyaman, dan sehari sampai.

Aplikasi TIPS dapat diunduh secara gratis untuk perangkat berbasis Android dan iOS. Dengan satu aplikasi pengguna dapat menggunakan dua fitur utama. Fitur ANTAR digunakan ketika seorang penumpang penerbangan ingin menjadi TIPSTER dan "menjual" jatah bagasi penerbangannya untuk dipakai sebagai medium pengiriman barang antar kota di Indonesia. Dengan menjadi TIPSTER seorang pengguna dapat menghasilkan pendapatan setiap melakukan perjalanan udara. Fitur KIRIM digunakan ketika pengguna ingin menjadi SHIPPER dan mengirimkan barang antar kota di Indonesia. Barang kiriman akan dijemput di alamat SHIPPER dan diantarkan ke alamat Penerima di kota tujuan oleh Petugas TIPS. (InfoPublik.id)