Advertisement here

13 WISATA SUMBAWA BESAR DENGAN DAYA TARIK YANG MENGAGUMKAN

Wisata Sumbawa Besar mulai ramai diperbincangkan oleh wisatawan dalam negeri. Wilayah barat Pulau Sumbawa ini memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik dari Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Pantai yang indah, pulau yang eksotis, dan situs bersejarah yang menyimpan banyak cerita; menggambarkan kekayaan wisata Sumbawa Besar.
Untuk menjelajah Sumbawa Besar dan sekitarnya, kamu bisa terbang menuju Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin. Kalau kamu memilih lewat jalur laut, kamu bisa menyeberang dari Pelabuhan Kayangan Lombok ke Pelabuhan Poto Tano. Apapun pilihanmu, pastikan itinerary yang kamu buat mencakup 13 destinasi wisata di Sumbawa Besar berikut.

1. ‘Negeri di Atas Awan’ di Bukit Mantar

Image credit: @ekopece
Sumbawa Besar punya ‘negeri di atas awan’, tepatnya di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano. Desa yang berada di ketinggian 600 mdpl ini menyajikan matahari terbit yang akan membuat hatimu bergetar.
Image credit: @febriana_sbw
Bukit Mantar juga dikenal sebagai titik keberangkatan untuk paralayang. Saat kamu terbang dari Mantar, kamu akan melintasi perbukitan yang hijau dan pantai yang menakjubkan. Tak heran jika Mantar pernah menjadi tuan rumah kompetisi olahraga paralayang tingkat internasional.
Image credit: @dery_caropeboka (kiri) dan @lapita.rini (kanan)
Tak hanya menghibur wisatawan petualang, Bukit Mantar merupakan destinasi wisata Sumbawa Besar yang instagrammable. Rugi berat kalau tidak berfoto di anjungan selfie yang berada di Bukit Mantar.
Koordinat Lokasi
Biaya Transportasi ke Mantar (Mobil Bak Terbuka): 50,000 IDR per orang

2. Pulau Kenawa yang Turistik

Image credit: @sisitimur
Pulau Sumbawa dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang menarik hati, sebagai contoh Pulau Kenawa. Pulau tidak berpenghuni seluas 15 hektar ini kerap menjadi tempat berkemah atau sekadar berfoto karena memang pemandangannya indah banget. Rencanakan waktu kunjunganmu berdasarkan musim, karena warna rerumputan di Pulau Kenawa sangat bergantung pada musim. Ingat untuk membawa air bersih karena tidak ada mata air di pulau ini.
Image credit: @fakirpiknik
Untuk menjangkau Pulau Kenawa, kamu bisa menyeberang dari Pelabuhan Poto Tano menggunakan perahu kayu milik masyarakat setempat. Seusai berkeliling pulau, kamu bisa snorkeling atau berenang di pantai. Berhubung pulau ini tergolong sepi, kamu akan dimanjakan dengan air yang masih sangat bening. Yakin bisa tahan untuk tidak menceburkan diri?
Image credit: @anjarbella
Koordinat Lokasi
Biaya Sewa Kapal ke Pulau Kenawa dan Pulau Paserang: 500,000 IDR per kapal (maksimal 10 orang)

3. Membayangkan Kehidupan Raja di Istana Dalam Loka

Image credit: @ristanovelita
Berjarak hanya 3 km dari bandara, kamu akan menemukan peninggalan Kesultanan Sumbawa, yaitu Istana Dalam Loka. Selain menggunakan kayu jati terbaik pada zamannya; bangunan ini tidak menggunakan paku besi, melainkan pasak kayu. Maka dari itu, istana ini tahan gempa dan tetap kokoh meskipun telah berusia ratusan tahun.
Image credit: @ayladimitri
Wisata Sumbawa Besar ini menyimpan berbagai filosofi mendalam. Misalnya, istana yang berfungsi sebagai kediaman raja ini menghadap ke selatan, yang bermakna menatap masa lalu. Pemimpin yang bijaksana dan arif mampu memanfaatkan pelajaran berharga dari masa lalu, sehingga keputusan-keputusan yang diambil pada masa kini menjadi lebih baik lagi.
Image credit: @hijratun_wahyuni
Dengan luas 1,251 meter persegi, Istana Dalam Loka merupakan salah satu rumah panggung terbesar di dunia. Saking istimewanya, Istana Dalam Loka dijadikan prototype bangunan adat mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat di Taman Mini Indonesia Timur (TMII).
Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: 15,000 IDR per orang

4. Bersantai di Gili Bola/Pulau Bedil

Image credit: @fendiyeah
Jika Pulau Kenawa ‘hanya’ berisi rerumputan, Gili Bola/Pulau Bedil ini ditumbuhi ratusan pohon kelapa. Kabar baiknya, hanya ada satu bangunan yang berdiri di pulau ini, yaitu rumah penjaga pulau. Serasa memiliki pulau pribadi!
Image credit: @febri.awh
Untuk mencapai pulau ini, kamu perlu menyeberang dari Labuan Pade atau Labuan Bajo (yang berada di Sumbawa Besar, ya). Sebenarnya ada beberapa ‘gili’ atau pulau kecil di sekitarnya, seperti Gili Panjang, Gili Keramat dan Gili Temudong. Akan tetapi, saat ini Gili Bola yang paling terkenal. Wisatawan lokal pun gemar menghabiskan waktu di sini bersama rombongan. Biasanya mereka membawa alat memasak sendiri, lalu memancing ikan di pinggir pantai. Ide yang menarik, nih.
Image credit: @vee_vita
Koordinat Lokasi
Biaya Sewa Kapal ke Gili Bola: 350,000 IDR per kapal (maksimal 10 orang)

5. Liang Bukal yang Misterius

Image credit: @rio_sumbawa
Ingin bermain air, tetapi tidak di pantai? Berkunjunglah ke Taman Wisata Liang Bukal yang berjarak sekitar 26 km dari pusat Kota Sumbawa Besar. Taman ini paling baik untuk dikunjungi pada musim hujan agar kolam alaminya sedang pasang.
Image credit: @ucup_priadi
Saat kamu memasuki Taman Wisata Liang Bukal, kamu harus melewati gua sepanjang 200 meter yang dihuni ratusan kelelawar. Barulah kamu bisa menikmati kesejukan sungai yang mengalir di antara tebing. Tak jauh dari wisata Sumbawa Besar ini, ada situs bersejarah yaitu situs megalitikum Ai Renung. Sarkofagus atau kuburan batu yang tersebar di beberapa lokasi ini cukup menimbulkan perasaan mencekam. Tapi kalau kamu pemberani, pasti ingin mampir, dong?
Image credit: @hanmoose
Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: 15,000 IDR per orang

6. Belajar Selancar di Pantai Maluk

Image credit: @maluk_surf
Menempuh perjalanan sekitar tiga jam dari Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, ada sebuah pantai yang digemari wisatawan mancanegara. Disebut-sebut sebagai salah satu tempat selancar terbaik di Sumbawa, pada bulan Juni hingga Agustus hampir semua penginapan di sekitar pantai ini akan dipadati oleh surfer.
Image credit: @trubavinphoto
Ombak di Pantai Maluk dijuluki sebagai ‘Super Suck’ karena tingginya yang bisa mencapai dua meter, namun pecah sebelum sampai di tepi pantai. Hal ini disebabkan oleh dua bukit tinggi yang mengapit pantai, sehingga kamu yang tidak ingin berselancar bisa tetap berenang di pinggir pantai dengan aman.
Image credit: @agielfauzi

7. Menyibak Tirai Air Terjun Kalela

Image credit: @deypriandanaa
Wisata Sumbawa Besar tidak hanya didominasi oleh pantai dan pulau yang unik, tetapi juga air terjun yang membius. Salah satunya adalah Air Terjun Kalela yang terletak di Desa Jereweh, sekitar 48 km dari Pelabuhan Poto Tano. Untuk mencapai air terjun, kamu harus berjalan kaki melewati persawahan yang akan menyegarkan pikiranmu.
Image credit: @aqiem_md
Keunikan dari Air Terjun Kalela tak hanya terletak pada kolam alaminya yang berwarna hijau kebiruan. Namun, tebing tinggi yang mengalirkan air terjun tersebut memiliki rongga-rongga sehingga membentuk gua kecil. Kamu bisa mencoba mendaki bebatuan dan menembus air terjun. Harus bawa kamera waterproof untuk mengabadikan momen keren ini, nih!
Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: 15,000 IDR per orang

8. Jembatan Samota yang Ikonik

Image credit: @mascmul
Wisata Sumbawa Besar tidak harus jauh dari pusat kota atau bandara, kok. Saat ini, Jembatan Samota adalah ‘tempat nongkrong’ yang sedang hype di kalangan anak muda Sumbawa Besar. Mereka gemar menikmati senja di bukit dekat jembatan. Wajar, karena hamparan pemandangan di sekeliling jembatan memang priceless!
Image credit: @antonchandra
Nama ‘Samota’ merupakan akronim dari segitiga destinasi wisata eksotis di Sumbawa, yaitu Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora. Mumpung sudah berada di Sumbawa Besar, yuk sekalian melewati jembatan ini untuk mencentang daftar destinasi wisata yang harus kamu kunjungi.

9. Pulau Paserang yang Tak Boleh Terlewatkan

Image credit: @igonpristiyo
Satu lagi pulau syahdu yang harus kamu datangi! Jika Pulau Kenawa tidak memiliki fasilitas apapun untuk pengunjung, Pulau Paserang/Pasaran cenderung lebih memudahkan para wisatawan dengan saung, toilet, dan penerangan listrik. Menginap semalam di sini untuk menanti matahari terbit, mengapa tidak?
Image credit: @massben
Trekking di Pulau Paserang terbagi menjadi dua jalan, sisi barat dan sisi timur. Dari sisi barat, kamu bisa memandang megahnya Gunung Rinjani. Sementara di sisi timur, kamu akan dihibur dengan hamparan laut biru. Ketika kamu menuruni bukit, sempatkan untuk berenang atau snorkeling. Maklum, airnya jernih banget! Sayang untuk dibiarkan begitu saja, dong?
Koordinat Lokasi
Biaya Sewa Kapal ke Pulau Kenawa dan Pulau Paserang: 500,000 IDR per kapal (maksimal 10 orang)

10. Petualangan Alam di Kecamatan Brang Rea

Image credit: @irfan_tagara
Ini nih, hidden gem di Sumbawa Besar yang belum banyak diketahui wisatawan. Kalau kamu berkunjung ke Pantai Maluk, singgahlah ke Kecamatan Brang Rea. Di Desa Bangkat Monteh, ada air terjun tidak bernama yang dianggap kembaran Air Terjun Mata Jitu-nya Pulau Moyo. Puluhan undakan yang tidak beraturan menyebabkan air merembes di sela-sela bebatuan dengan indahnya. Ditambah dengan air yang jatuh dari puncak bukit, pemandangannya sungguh magis!
Image credit: @papudaeng
Aktivitas yang paling cocok dilakukan di sini adalah menjelajah alam, berpetualang dari desa ke desa. Daerah ini memiliki keanekaragaman eksotis yang melimpah, sehingga kamu mungkin akan menemukan spesies kupu-kupu atau bunga yang langka. Siapa tahu, kamu dapat membantu mengenalkan tujuan wisata ini kepada dunia.

11. Air Terjun Agal yang Menjulang

Image credit: @hanmoose
Di Desa Marenteh, Kecamatan Alas, ada sebuah tujuan wisata yang tidak hanya terdiri dari satu atau dua air terjun, melainkan sepuluh! Wah, pantas saja konon masyarakat setempat merekomendasikan wisatawan menghabiskan seharian di sini. Air Terjun Agal berlokasi di kawasan hutan lindung Gunung Agal, yang juga berdekatan dengan Gunung Seketok dan Gunung Sebra. Sudah pasti, udara di air terjun ini sejuk banget.
Image credit: @ptry_ian
Dari pintu gerbang kawasan hutan lindung, kamu harus berjalan kaki selama dua jam untuk mencapai ujung air terjun. Namun begitu, perjuangan ini akan terbayarkan saat mendapati air terjun yang kabarnya setinggi lebih dari 100 meter! Dengan puluhan tingkat air terjun dan debit air yang kencang, kamu kudu mencoba tubing atau berselancar dengan ban. Mendebarkan, tapi rasanya ingin lagi dan lagi.
Image credit: @niautarimuslim
Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: 100,000 IDR per grup maksimal 10 orang, termasuk guideBiaya TubingMulai dari 50,000 per orang

12. Kota Taliwang yang Memesona

Image credit: @papudaeng
Ingin menemukan permata tersembunyi lainnya di Sumbawa Besar? Pergilah ke Kota Taliwang yang memikat hati. Kamu harus mendatangi Bukit Not Beka-Beka, tempat dimana kamu bisa mendinginkan pikiran seraya memandangi perbukitan yang hijau. Tujuan wisata ini baru dikelola sekitar satu tahun terakhir, dan mulai diramaikan oleh wisatawan lokal yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan berkemah.
Image credit: @derryvgb
Turun dari bukit, kamu bisa menuju Danau Lebo yang merupakan bagian dari konservasi alam. Di danau seluas 752 hektar ini, kamu bisa mengayuh sampan atau sekadar berfoto di anjungan yang dipenuhi oleh bunga teratai. Kuliner yang harus dicoba di sini adalah ‘kela lebo singang’ yaitu teknik khusus untuk merebus ikan nila, tawes, wader, dan gabus dengan bumbu khas Sumbawa. Membayangkannya saja sudah membuat air liur menetes!
Koordinat Lokasi
Biaya Camping di Bukit Not Beka-Beka: Sumbangan seikhlasnya

13. Pulau Bungin, Terpadat di Dunia

Image credit: @agus_harianto_pictures
Menutup perjalananmu mengeksplorasi wisata Sumbawa Besar, kamu harus menengok Pulau Bungin yang mencengangkan. Kabarnya, tidak ada sedikitpun ruang tersisa di pulau ini. Setiap sudut pulau sudah diisi oleh rumah yang berdempetan, fasilitas umum seperti surau, dan palang untuk menambatkan perahu layar.

Image credit: @imrancumi
Para penduduk Pulau Bungin bekerja untuk memasok seafood untuk sektor pariwisata di Lombok dan sekitarnya. Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu bisa melihat-lihat budidaya berbagai macam ikan hingga lobster di lepas pantai.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here