Advertisement here

20 MAKANAN KHAS SINGAPURA YANG LUAR BIASA DAN HARUS KAMU COBA

Jalan-jalan ke daerah baru akan terasa semakin lengkap jika bisa menikmati kuliner khas daerah tersebut. Pun demikian saat kamu plesiran ke Singapura. Sepertinya, kurang asyik jika tidak menikmati makanan khas Singapura.
Dengan warga negara yang terdiri dari banyak etnis bangsa, makanan khas Singapura menjadi memiliki banyak warna rasa. Ada yang pedas, gurih, manis bahkan nano-nano, alias rame rasanya. Bagi kamu yang tertarik menikmati kuliner asli Singapura, daftar di bawah ini bisa menjadi rekomendasi untuk dipilih. Dijamin bakal berkesan, lho!

1. Laksa Singapura

Image credit: Sheila Rusly
Tahu laksa Padang? Nah, laksa Singapura mirip dengan makanan khas Sumatera Utara itu. Terinspirasi dari hidangan khas warga Tionghoa yang tinggal di daerah Katong, laksa khas Singapura menghadirkan mie, kerang, udang, perkedel ikan, kacang yang dicampur dengan kuah santan berwarna merah. Tempat terbaik menikmati laksa khas Singapura ini adalah di Laksa Katong, yang beralamat di 53 E Coast Rd, Singapura 428771.

2. Ice Kachang

Image credit: Magdalene Chow
Singapura juga punya es serut, yang dinamai Ice Kachang. Memiliki tampilan penuh warna, manis dan menyegarkan, es serut ini memiliki tekstur yang halus dan lembut dengan aneka topping seperti jelly, kolang kaling, kacang merah dan jagung. Ingin memiliki cita rasa yang lebih nikmat, kamu bisa mencari pedagang yang menambahkan es krim sebagai tambahan topping. Dijamin maknyus!

3. Kari Kepala Ikan

Image credit: Malaysian Food
Yang tertarik makanan khas India, kamu bisa mendapatkannya di Singapura, yaitu kari kepala ikan. Dengan ikan kakap merah sebagai bahan utama, kari pedas dan sayuran disajikan dengan nasi atau roti mantao sebagai pendamping utama. Salah satu tempat terbaik menikmati kari kepala ikan adalah di Samy’s Curry Restaurant di 25 Dempsey Road Singapura.

4. Hokkien Prawn Mee

Image credit: Mark Ong
Makanan khas Tionghoa lainnya yang bisa dicoba adalah Hokkien Prawn Mee, yaitu mie kuning dan bihun yang dicelupkan ke dalam kaldu, direbus bersama seafood dan kemudian digoreng agak kering dengan sedikit kuah. Bersama dengan bumbu bawang putih dan telur, udang, cumi, taoge, serta kecap asin, kamu bisa menikmati makanan khas Singapura ini dengan kenikmatan tiada tara dengan menambahkan sambal dan limau. Kim’s Fried Hokkien Prawn Mee di 62B Jln Eunos, Singapura bisa menjadi tempat yang kamu kunjungi untuk menikmati hidangan ini.

5. Chili Crab

Image credit: KIRBY | Food & Travel
Salah satu makanan favorit di Singapura adalah adalah Chili Crab alias kepiting cabai. Paling pas dimakan bersama roti mantou, kepiting cabai dari kepiting lumpur atau soka dimasak dengan cara dibakar bersama dengan tomat kental, telur, dan saus cabai. Rasanya cukup pedas, tapi tetap menghadirkan kenikmatan tersendiri.

6. Nasi Ayam Hainan

Image credit: Makikojp
Tidak hanya menjadi makanan khas Singapura, nasi ayam Hainan juga menjadi masakan nasional Negeri Singa. Tidak sulit menemukan kuliner ini, tapi untuk sensasi terbaik kamu bisa mengunjungi Tian Tian Hainanese Chicken Rice di Maxwell Food Centre. Di sini, kamu akan mendapatkan sajian daging ayam yang dipotong kecil-kecil dengan nasi wangi, sambal pedas, dan pasta jahe sebagai pendamping.

7. Kaya Toast

Image credit: Satomi
Tidak hanya makanan berat, Singapura juga memiliki makanan ringan yang khas, yaitu Kaya Toast, yaitu roti bakar atau panggang dengan irisan mentega dingin dan olesan kaya, selai tradisional dari kelapa dan telur, yang melimpah. Cara terbaik menikmati Kaya Toast adalah bersama dengan secangkir teh atau kopi, atau disandingkan dengan telur rebus setengah matang yang diberi kecap dan taburan lada putih.

8. Fried Carrot Cake

Image credit: GlobalGluttons
Dari namanya, kamu mungkin menebak roti ini terbuat dari wortel. Padahal, bahan utamanya adalah lobak putih. Terdapat dua varian, yaitu fried carrot cake hitam, dengan saus hitam caramel, dan fried carrot cake putih, dengan telur yang digoreng garing hingga warnanya berubah menjadi keemasan. Kamu harus mencobanya.

9. Rojak Singapura

Image credit: Khairur Azhan’s Food Diary
Tidak hanya Indonesia yang memiliki rujak, Singapura juga punya. Campuran buah dan sayuran gurih seperti timun, nanas, lobak, tauge, kangkung, mangga muda, jambu air yang belum matang, tahu panggang, dan stik adonan goreng, yang disiram dengan saus hitam dari terasi yang difermentasi, jeruk nipis, gula, dan sambal, dan ditaburi kacang cincang serta bunga jahe wangi untuk sensasi pedas menghasilkan citarasa manis, asam, pedas yang menggugah selera.

10. Roti Prata

Image credit: @zippyzipeng
Satu lagi makanan khas India yang cukup ngehits di Singapura, yaitu roti prata. Roti tipis bersisik yang digoreng dengan banyak varian, mulai dari saus kari pedas, keju, pisang, coklat, hingga jamur.

11. Nasi Lemak

Image credit: @hungry_momster
Di Indonesia, sajian ini mirip dengan nasi uduk. Nasi dimasak dengan daun pandan dan santan, yang menghasilkan sensasi rasa gurih. Mulai dari ayam goreng, ikan teri, kacang tanah, telur, sambal dan timun menjadi pelengkap makanan khas Singapura ini. Banyak tempat menyajikan nasi lemak.

12. Bak Kut Teh (Non-halal)

Makanan khas Singapura ini terbuat dari iga babi yang dicampur dengan kaldu bersama bumbu-bumbu rempak seperti kayu manis, cengkeh, biji adas, ketumbar, dan lain-lain. Biasa dinikmati bersama dengan nasi atau mie, makanan ini lebih asyik dihidangkan bersama kembang tahu dan sayuran.

13. Bubur kodok (Non-halal)

Yang tertarik menikmati hidangan anti-mainstream, bubur kodok bisa menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan. Bubur dihidangkan bersama chinese cooking wine yang akan dimakan dengan kaki kodok goreng yang telah dicampur dengan kari ayam dan juga minyak wijen. Rasanya? Coba saja sendiri!

14. Popiah

Image credit: Alderic Teo
Popiah adalah lumpia khas Singapura. Berisikan sayuran, buncis, dan campuran daging cincang, popiah termasuk salah satu jajanan yang populer di Singapura serta sering disajikan sebagai hidangan santai di rumah.

15. Char Kway Teow

Di Indonesia, kuliner ini lebih dikenal sebagai mie tiaw atau kwe tiau. Yang membedakan adalah sensasi mendapatkan wok hei, rasa asap dari wajan yang panas. Sementara isian dari makanan ini adalah udang, telur, tiram, tauge dan kecap manis.

16. Roti Canai

Di Indonesia, roti canai banyak ditemukan di kampung Arab. Sementara di Singapura, roti canai lebih identik sebagai makanan khas India. Roti yang terbuat dari adonan tepung yang diolesi mentega India ini sangat nikmat apabila dimakan sebagai pendamping saus kari ikan atau saus kambing.

17. Vadai

Apakah Vadai termasuk makanan khas Singapura? Bisa jadi, mengingat banyak warga Singapura yang merupakan keturunan India. Budaya dan kuliner India pun ikut dibawa dan menjadi salah satu kuliner ikonik di Singapura, salah satunya Vadai. Makanan ini termasuk salah satu snack yang terbuat dari kacang tanah, dhal atau kentang kotak-kotak dan dibumbui dengan bawang Bombay, daun kari, cabai dan biji mustard hitam, dimakan dengan sambal kelapa dan sambar, yaitu sayuran rebus dengan kaldu asam. Bisa membayangkan rasanya seperti apa?

18. Kueh Pie Tee

Ingin menikmati kue yang halus? Kueh pie tee bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Kue mangkuk renyah yang diisi dengan lobak kukus dan rebung rebus, dihiasi dengan varian bahan seperti udang lezat, sisiran telur, peterseli segar dan cabai, dijamin akan membuat lidah kamu menari.

19. Mi Siam

Terbuat dari mi beras tipis, mie siam lebih dikenal sebagai masakan khas Melayu di Singapura. Cara memasaknya adalah dengan digoreng bersama pasta udang dan rempah-rempah, dihidangkan bersama dengan dadih kacang kering (tau kwa), telur rebus dan dipasangkan dengan aroma manis dan asam. Bersama dengan daun bawang Cina, kamu akan mendapati hidangan yang menyegarkan.

20. Singapore Sling (Non-halal)

Image credit: @ellentpe
Salah satu minuman yang begitu terkenal di Singapura. Cocktail yang identik dengan Raffles Hotel ini terdiri dari gin, brandy cherry, jus nanas, cointreau dan grenadine termasuk di antaranya. Singapore Sling juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Singapura, lho!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here