Advertisement here

TEMPAT BELANJA OLEH-OLEH DI SINGAPURA YANG AMAN UNTUK KANTONGMU

Singapura, negara tetangga Indonesia ini rupanya lagi banyak dibicarakan oleh wisatawan dunia, tak terkecuali Indonesia. Air terjun buatan yang berdiri megah di area bandara bernama Jewel Changi Airport menjadi alasannya kenapa Singapura kini banyak menarik perhatian dunia. Walaupun sangat menakjubkan, tapi rasanya akan terasa kurang lengkap jika kamu jauh-jauh ke Singapura hanya untuk berfoto di depan air terjun ini.
Sambil menyelam minum air itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan liburanmu kali ini ke Singapura. Berjalan-jalan menyelusuri keindahan tata kota sambil mengunjungi tempat berbelanja oleh-oleh atau souvenir di Singapura juga bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk kamu lakukan selama berlibur. Membeli oleh-oleh memang bukan hal yang wajib, tapi selagi di negara orang kenapa tidak jika kamu membelinya untuk keluarga, saudara, atau pasanganmu kan?
Karena biaya hidup di Singapura yang terbilang cukup mahal, alangkah baiknya kamu untuk mencari tempat berbelanja oleh-oleh di Singapura dengan harga murah sehingga aman untuk kantongmu. Penasaran? Berikut 6 rekomendasinya!

1. Mustafa Centre

Image credit: @cnsach
Berada di kawasan kampung India, tempat belanja oleh-oleh di Singapura bernama Mustafa Centre ini merupakan sebuah toko serba ada yang bisa dibilang sangat lengkap. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, makanan, parfum, tas, sepatu, VCD, elektronik, dan oleh-oleh dijual dengan harga yang sangat beragam mulai dari yang paling murah hingga paling mahal tergantung merek.
Karena banyaknya barang yang sangat banyak dan lengkap, tidak heran jika Mustafa Centre memiliki luas yang sangat besar bahkan bisa bikin kamu nyasar. Aneka jenis cokelat adalah jenis makanan yang paling sering dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh. Bahkan tak sedikit wisatawan yang berbelanja di sini untuk bekal selama liburan di Singapura karena harganya yang jauh dibandingkan dengan minimarket lainnya.
Image credit: Wiradhini
Yang menyenangkan ketika berbelanja oleh-oleh di Mustafa Centre selain lengkap dan terjangkau, juga karena waktu buka yang tidak biasa yaitu 24 jam nonstop! Jam operasi yang begitu panjang ini tentunya bikin siapapun akan bisa berbelanja kapanpun dan berapa lamapun tanpa perlu takut toko tersebut tutup.
Lokasi: 145 Syed Alwi Road, Singapura

2. Chinatown Street Market

Setelah dari kawasan India, mari saatnya pindah ke tempat belanja oleh-oleh di Singapura lainnya yang berada di kawasan Pecinan atau biasa dikenal dengan Chinatown. Jalanan yang penuh ornamen lampion gantung berwarna merah khas ini selalu dipenuhi oleh wisatawan yang berjalan-jalan dan tentunya berbelanja oleh-oleh pula.
Barang favorit yang seringkali dipilih oleh-oleh dari Chinatown Street Market adalah gantungan kunci berbentuk ikon negara Singapura. Untuk cokelat, di kawasan ini terbilang tidak lebih lengkap dibandingkan Mustafa Centre. Selain berbelanja, hal lain yang bisa kamu lakukan di sini adalah berfoto-foto di spot yang instagrammable dan mencicipi aneka kuliner yang dijual di area pasar.
Chinatown Street Market ini memang memiliki konsep terbuka tanpa atap, sehingga diharapkan para wisatawan untuk memakai topi saat matahari terik dan membawa payung saat berbelanja oleh-oleh untuk jaga-jaga apabila hujan turun. Pastikan juga untuk menggunakan alas kaki senyaman mungkin karena kamu akan berjalan jauh menyusuri jalanan yang panjang ini.
Lokasi: Trengganu Street, Singapura

3. Bugis Street

Image credit: Singapore Tourism Board
Berada di pusat kota dan letaknya yang sangat strategis, pusat perbelanjaan Bugis Street menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk berbelanja oleh-oleh. Mulai dari kaos, tempelan kulkas, gantungan kunci, dan lainnya dapat kamu beli dengan harga yang sangat bersahabat.
Walaupun ramai oleh pengunjung, tapi tempat belanja oleh-oleh ini cukup nyaman untuk para wisatawan. Kamu tidak perlu takut akan terik matahari karena terdapat atap di sepanjang area. Berbelanja memang identik dengan tawar menawar. Jika kamu ingin menawar maka pastikan untuk memilih barang dagangan yang tidak terdapat papan harga. Sedangkan untuk barang dagangan yang terdapat papan harga, maka itulah harga pas dan tidak bisa lagi kamu tawar.
Image credit: Phuongkim1981
Berbelanja di sini memang cukup bikin kalap dan sampai lupa waktu. Pastikan untuk tidak lupa mengisi perut agar tidak menganggu belanja oleh-oleh dan liburanmu. Tenang, tidak perlu jauh-jauh untuk membeli makan, di Bugis Street terdapat penjual makanan yang dan minuman segar seperti jus buah yang dijual mulai 1 Dollar Singapura.
Lokasi: 3 New Bugis Street, Bugis, Singapura

4. Lucky Plaza Mall

Image credit: Zervas
Ketika mendengar Orchard Road, mungkin yang akan terlintas di benakmu adalah butik dengan merek-merek mahal. Tapi siapa sangka jika di kawasan elit ini, kamu bisa membeli oleh-oleh di sebuah mall low budget bernama Lucky Plaza Mall.
Tak berbeda jauh dengan Chinatown dan Bugis Street, Lucky Plaza Mall juga menjual aneka barang yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti kaos khas Singapura. Seperti mall pada umumnya, Lucky Plaza juga memiliki banyak ruko-ruko yang beraneka ragam barang yang bisa kamu pilih untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Yang membuat tempat ini nyaman untuk berbelanja karena full AC sehingga kamu tidak perlu takut kepanasan.
Image credit: @refashsg
Lokasi: Orchard Road, Singapura

5. ABC Snack

Image credit: Wiradhini
“1 SGD” itulah kata yang paling diingat ketika mendengar ABC Snack di Queen Street. Mulai dari cokelat, biskuit, aneka snack lainnya, bahkan body lotion berukuran besar semua dijual mulai 1 Dollar Singapura yang tentunya akan mempermudah kamu untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Tak hanya itu saja, terdapat pula koper yang dijual dengan harga sangat murah yaitu sekitar 200 ribuan Rupiah. Murah sekali bukan?
Toko ini memang berada di Queen Street, tapi kamu bisa menuju ke sana melalui Bugis Street karena Queen Street letaknya persis di belakang Bugis Street. Walaupun dijual murah, aneka oleh-oleh seperti cokelat di sini memiliki berbagai merek dan dijual dalam kemasan minimalis sehingga harga yang ditawarkan akan lebih murah. Untuk ukuran yang lebih besar, kamu bisa mendapatkan dengan harga 1,5 hingga 3 Dollar Singapura saja.
Lokasi: 63 Queen Street, Singapore

6. Peninsula Plaza

Image credit: Lucian
Mungkin bagi wisatawan Indonesia, Peninsula Plaza masih belum sepopuler 5 tempat belanja oleh-oleh sebelumnya. Tapi, tempat yang identik dengan bangunan tua ini bisa menjadi rekomendasi pilihan yang masuk bucket list karena selain letaknya yang strategis di area City Hall, juga menawarkan berbagai oleh-oleh dengan harga yang bersahabat.
Barang-barang yang seringkali dijadikan oleh-oleh seperti gantungan kunci, magnet kulkas, kartu pos, dan lainnya semua bisa kamu beli di Peninsula Plaza. Untuk jam operasional cukup panjang yaitu mulai dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam waktu Singapura.
Image credit: Jnzl’s Photos (kiri); @michaelapolonio  (kanan)
Lokasi: 111 North Bridge Road, Singapura

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here